Hamparan danau dengan latar belakang Gunung Batur Geosite 5, salah satu dari 28 geosite di kawasan geopark Kuburan tradisional di Desa Terunyan Salah satu komuditas hortikultura di kawasan geopark


Geopark Batur merupakan sebuah destinasi wisata yang terletak di daerah Kintamani yang mengintegrasikan keaneragaman geologi (geodiversity), keaneragaman budaya (culturaldiversity, dan kearagaman flora dan fauna (biodiversity).

Secara umum Batur Geopark, jika dilihat dari segi geologi terdapat keldera yang berupa danau batur yang berbentuk bulan sabit yang menempati bagian tenggara Gunung Batur yang panjangnya ekitr 7,5 km, lebarnya 2,5 km, kelilingnya 22 km, dan luasnya sekitar 16 km2. Dari keragaman budaya, Batur Geopark memiliki keunikan budaya yang tersebar di 15 desa, seperti penguburan di Trunyan, baris gede dan beberapa pura yang mempunyai sejarah yang unik. Sedangkan dari keragaman flora dan fauna, Batur Geopark memiliki kekhasan flora dan fauna, seperti: anjing Kintamani, tanaman holtikultura, dan berbagai jenis ikan di danau Batur.